Ecolabel merupakan label yang ada pada kemasan sebuah produk untuk menunjukan komposisi yang terkandung dihasilkan melalui proses produksi ramah lingkungan.

Banyak organisasi pemerhati lingkungan telah gencar mempromosikan konsep tersebut, misalnya Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) dan Roundtable Sustainable Palm Oil (RSPO) sebagai lembaga sertifikasi yang mempunyai landasan produksi ramah lingkungan hingga saat ini terus berusaha memperkenalkan konsep ecolabel ke pihak produsen maupun konsumen.

Sementara tidak tertinggal, banyak Organisasi non-pemerintah yang konsisten memantau para perusahaan untuk menerapkan sistem produksi ramah lingkungan.

Namun, apakah konsep tersebut dapat berhasil di Indonesia? Apakah masyarakat Indonesia sudah mempunyai kesadaran yang cukup untuk mengenal konsep ecolabel?

Palm Scribe telah mengadakan survey secara acak di daerah pusat belanja dengan menanyakan kepada pihak yang menjadi ujung tombak dalam menentukan keberhasilan konsep ecolabel, yaitu para ibu rumah tangga.

Berikut hasil survey kami yang terangkum dalam sebuah video:

Respon yang kami terima adalah wajar, mengingat hanya sedikit produk dalam negeri yang mempunyai logo ecolabel. Beberapa contoh produk dalam negeri yang sudah menerapkan hal tersebut adalah Margarin Mother’s Choice, Wafer Redondo, dan Wafer Rondoletti

Sementara itu produk luar negeri (impor) yang sudah memakai logo ecolabel sesuai dengan ketentuan RSPO adalah Loccitane dan Daelmans Mini.

Contoh produk yang sudah menggunakan logo ecolabel di Indonesia

Tulus Abadi selaku ketua dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia menyoroti pihak produsen agar memakai logo ecolabel demi pola konsumsi yang berkelanjutan. “Produk ekolabel sangat penting bagi konsumen utk mendorong pola konsumsi yang berkelanjutan bagi konsumen. Jadi seharusnya semua produk ada sertifikasi ecolabel,” ujarnya kepada The Palm Scribe.

Rountable Sustainable Palm Oil (RSPO) telah melakukan kampanye tentang pentingnya membeli produk yang mempunyai label ramah lingkungan di Indonesia, hal ini juga ditujukan kepada generasi muda agar mempunyai kesadaran lebih akan pentingnya mengkonsumsi produk ramah lingkungan untuk masa depan yang lebih baik.

Share This