The Palm Scribe

Harga Minyak Kelapa Sawit Akan Terus Meningkat di 2020: Eksekutif GAPKI

Buah untuk minyak kelapa sawit yang mulai naik
Foto: AFP

Wakil Ketua Umum Gabungan Pengusahan Minyak Kelapa Sawit (GAPKI) Togar Sitanggang, percaya bahwa harga minyak kelapa sawit yang belum lama mulai pulih dari tingkat rendah setahun belakangan ini, akan terus meningkat di tahun 2020 karena rendahnya stok dan tingkat produksi di Indonesia, produsen minyak sawit terbesar di dunia.

“Kondisi 2020 kalau saya lihat, stok rendah dan produksi yang kurang banyak ini sudah given,” ujar Togar di sebuah wawancara yang disiarkan oleh stasiun televisi CNBC Indonesia akhir minggu yang lalu.

Ia mengatakan bahwa kenaikan produksi kelapa sawit di tahun 2020 diperkirakan hanya akan mencapai tiga juta ton sementara kenaikan permintaan domestik akan biodiesel saja sudah diperkirakan akan meningkat dengan jumlah yang sama. Industri pangan, tambahnya, malah diperkirakan akan menangguk satu juta ton dari stok yang ada.

“Ini akan mengakibatkan stok di 2020 pas-pasan dan kemungkinan pada waktu-waktu tertentu akan terjadi perebutan,” ujarnya dengan menambahkan bahwa karena panen kelapa sawit itu tidak merata sepanjang tahun cenderung rendah di semester pertama dan tinggi di semester kedua, maka ketika panen rendah pasokan akan rendah pula.

“Harga akan meningkat karena perebutan ini,” kata Togar, dengan menjelaskan bahwa perusahaan dagang atau perusahaan pengolah sawit, akan mencoba membeli sebanyak-banyaknya agar dapat menjamin kelangsungan operasi mereka tahun itu.

Ia mengatakan bahwa tidak banyak yang dapat dilakukan untuk mencegah hal ini karena penanaman baru membutuhkan waktu dua sampai tiga tahun sebelum mulai berproduksi sementara peningkatan produktivitas juga akan memerlukan paling tidak satu tahun sebelum hasilnya mulai dapat dirasakan.

Menurutnya, yang mungkin akan dapat tersenyum di tahun depan adalah para produsen termasuk para petani, karena harga kelapa sawit akan terus meningkat di tahun 2020.

Baca lebih banyak tulisan oleh Bhimanto Suwastoyo.

Share This