The Palm Scribe

Gaya Hidup Go Green Sederhana Untuk Mendukung Penghijauan Bumi

Ilustrasi Go Green
ILUSTRASI: Go Green, piqsels.

Sebagai pekerja kantor 9-5, Saya tidak terlalu mempunyai waktu banyak untuk menjadi lebih aktif turun tangan terhadap isu perubahan iklim, kebakaran hutan dan isu-isu lainnya yang mempengaruhi lingkungan. Tetapi saya selalu mencoba melakukan hal kecil sehari-harinya. Gaya hidup Go Green sederhana seperti membawa botol minum sendiri, menggunakan transportasi umum, dan juga melakukan daur ulang mungkin dapat membantu. Namun hati kecil saya selalu berkata bahwa hal ini tidak cukup, dan kemungkinan besar tidak akan pernah cukup.

Perasaan itu terus menerus muncul sampai saya menemukan mesin pencarian Ecosia. Sederhananya setiap pengguna Ecosia menggunakan pencarian melalui mesin pencarian mereka, pengguna tersebut berkontribusi untuk menanam pohon dan menghijaukan planet.

Halaman Utama Ecosia
Ecosia Homepage

Ecosia? Bagaimana cara kerjanya?

Menurut laman FAQ mereka, setiap 45 kali pengguna menulusuri internet menggunakan Ecosia, Ecosia akan menanam satu pohon. Kita pun dapat melihat sudah berapa banyak pohon yang telah ditanam oleh Ecosia. Dimana mereka menaruh fitur Real Time Counting di laman utama mereka dan tertulis bahwa Ecosia telah menanam 83,772,634 pohon saat artikel ini sedang ditulis.

“Dibutuhkan sekitar 45 pencarian untuk membiayai penanaman satu pohon. Kita tahu bahwa Ecosia menghasilkan rata-rata 0,5 sen (EUR) per pencarian. Biayanya mitra penanaman pohon kami sekitar 0,22 EUR untuk menanam pohon. 22 sen dibagi 0,5 sen membuat sekitar 45 pencarian sampai kita dapat menanam satu pohon baru.”

Seperti mesin pencarian lainnya, Ecosia juga mendapatkan penghasilan melalui iklan yang muncul di laman pencarian mereka, berkolaborasi dengan Bing sebagai rekan mereka dan juga menjual merchandise melalui toko online mereka yang dimana profit yang dihasilkan melalui toko online ini di didonasikan untuk menanam pohon.

Kalau saya boleh jujur, saya sedikit skeptis saat saya pertama membaca mengenai Ecosia. Hal ini terasa terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Maka saya teruskan membaca dan menelurusi tentang mereka dan menemukan laporan keuangan mereka. Laporan keuangan Ecosia cukup lengkap dan terdapat hampir semua data yang kita butuhkan mengenai kemana saja profit-profit mereka terdistribusikan. Mereka juga memberikan daftar LSM dan komunitas yang menerima donasi mereka untuk membantu Ecosia menanam pohon di seluruh dunia.

Kampanye besar terakhir mereka adalah untuk membantu Australia, dimana terdapatnya banyak kebakaran hutan yang mengerikan beberapa bulan kebelakang. Mereka mengalokasikan 100 persen profit satu hari mereka untuk menanam pohon di daerah Byron Bay. Kampanye ini terbukti sukses dan berhasil mengumpulkan profit untuk menanam 26,446 pohon di daerah tersebut.

Terlalu bagus untuk menjadi kenyataan?

Namun, tentunya terdapat ketidaknyamanan juga ketika menggunakan Ecosia. Dibandingkan Google, mesin pencarian raksasa yang saya gunakan setiap harinya, Ecosia mempunyai kekurangan. Dimana Ecosia tidak secepat dan tidak selengkap Google. Pengguna yang pertama kali menggunakan Ecosia pasti langsung merasakan hal ini dan merasa tidak nyaman.

Tetapi, ketika dipikirkan ulang, kekurangan seperti itu akan terasa setimpal. Dengan satu pohon akan tertanam setiap kali pengguna menggunakan Ecosia sebanyak 45 kali. Saya rasa hal ini pantas untuk kita kaji ulang.

Apakah hal ini setimpal dengan ketidaknyamanannya? Saya rasa seperti itu.

Gaya hidup Go Green dengan Ecosia?
Opini ini pertama kali terbit di The Forest Scribe, yang juga termasuk kelompok laman The Scribe.
Share This