The Palm Scribe

GAPKI, Lion Air akan mengembangkan Bioavtur

Konferensi ISPO 2018, Jakarta – Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) telah menandatangani kesepakatan kerja sama dalam mengembangkan bioavtur, bahan bakar pesawat terbang berbasis kelapa sawit, seorang eksekutif GAPKI mengatakan pada hari Rabu, 11 April 2018.

bioavtur-pesawat
Ilustrasi

“Kemarin telah ditandatangani kerja sama antara GAPKI dengan Lion Air unuk pengembangan bioavtur dengan kelapa sawit,” Wakil Ketua Umum GAPKI Pusat, Kacuk Sumartono, mengatakan ketika berbicara pada hari pertama Konferensi Internasional dan Expo ke 2 Indonesian Sustainable Palm OIl (ISPO) 2018.

Ia tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai kerja sama ini namun sebuah laporan yang diunggah pada laman resmi GAPKI mengatakan bahwa kemitraan ini akan menyangkut riset, pengembangan, dan uji coba pemanfaatan bioavtur dengan campuran minyak kelapa sawit sebagai bahan bakar alternatif bagi pesawat terbang.

”Melalui kemitraan ini, kami berharap potensi minyak kelapa sawit sebagai bahan bakar terbarukan ramah lingkungan dapat dioptimalkan,” Frangky O Widjaja, anggota dewan penasehat GAPKI dikutip dalam laporan tersebut.

Menurutnya, penggunaan bioavtur ini selain akan mengurangi pelepasan emisi karbon, juga akan mendorong tumbuhnya industri hilir kelapa sawit dan meningkatkan penyerapan minyak sawit di dalam negeri.

Pemerintah merencanakan bahwa pencampuran biolfuel dalam avtur harus mencapai tiga persen pada tahun 2018 dan kandungan ini diharapkan akan dapat meningkat menjadi lima persen pada tahun 2025.

Share This