The Palm Scribe

Apa yang harus diketahui tentang Pohon Kelapa Sawit?

Perkebunan Pohon Kelapa Sawit

1. Pohon Kelapa Sawit yang ditanam di Indonesia konon berasal dari benua Afrika yang dibawa oleh orang Belanda dan ditanam di tempat yang kini dikenal sebagai Kebun Raya Bogor pada tahun 1848. Ia baru ditanam sekara komersil dalam sebuah perkebunan di Sumatra Utara tahun 1911.

2. Jenis kelapa sawit yang ditanam di Indonesia biasanya dari varietas Elaeis Guineesis Jacqu.

3. Pohon kelapa sawit mulai berbuah saat berumur sekitar tiga tahun dan masa produktifnya rata-rata sekitar 25 tahun.

4. Buah kelapa sawit dapat dipanen selama 12 bulan dalam satu tahun.

5. Pohon kelapa sawit dewasa dapat tumbuh hingga mencapai 20 meter.

6. Setiap tandan buahnya mengandung minyak sekitar 50 persen.

7. Biji buah sawit, yang disebut kernel, menghasilkan palm kernel oil.

8. Produksi Minyak Kelapa Sawit rata-rata per hektar per tahunnya bisa mencapai 10-12 ton, namun rata-rata di Indonesia berkisar antara 2-4.5 ton, sedangkan untuk palm kernel oil rata-rata sekitar 0.5 ton.

9. Batang tanaman ditutupi pelepah hingga umur 12 tahun. Setelah umur 12 tahun, pelepah yang mengering akan terlepas sehingga penampilan menjadi mirip dengan batang pohon kelapa.

10. Penyakit pohon kelapa sawit yang umum adalah: A) Penyakit Akar / Busuk Akar Sawit (Blast disease) yang disebabkan cendawan Rhizoctonia lamellifera dan Phytium sp. Cendawan ini menyerang sistem perakaran tanaman kelapa sawit yang berada didalam tanah dan menyebabkan akar tanaman membusuk. B) Penyakit Busuk Pangkal Batang (Basal stem rot atau Ganoderma) yang juga disebabkan oleh jamur— Ganoderma applanatum, Ganoderma lucidum, dan Ganoderma pseudofferum — dan menyerang pangkal batang tanaman dan membuatnya busuk serta mudah menular. C) Penyakit busuk kucup (sprear rot) yang sering menyerang tanaman muda, penyebabnya belum diketahui. D) Penyakit garis kuning (patch yellow), menyerang daun tanaman dan disebabkan oleh jamur Fusarium Oxiysporum. E) Penyakit Tajuk (Crown disease) disebabkan oleh gen keturunan tanaman induk. F) Penyakit Antraknosa (Anthracnose) menyerang daun dan tulang daun dan disebabkan beberapa jenis jamur yaitu Melanconium spGlomerella cingulata, dan Botryodiplodia palmarum.

11. Jarak tanam sawit yang baik dan sangat dianjurkan adalah 9 meter antar tanaman, dengan  menggunakan pola segitiga sama sisi.

12. Diameter pohon kelapa sawit sekitar 25-75 cm dengan pangkal batang yang lebih besar ketika sudah dewasa. Pohon kelapa sawit pada umumnya memiliki 40 hingga 55 daun majemuk dan dapat mencapai 60 bila tidak dipangkas.

13. Pelepah kelapa sawit bisa mencapai 5-7 meter, bahkan ada yang 9 meter.

Industri Perhutanan? Kunjungi The Forest Scribe.
Share This