Ekonomi Indonesia Terancam apabila Bertumpu Pada Satu Komoditas

Sekretaris Jenderal Himpunan Industri Pengolahan Kelapa Indonesia (HIPKI) Donatus Gede Sabon  memperingatkan bahwa ekonomi yang ditopang oleh hanya satu komoditas saja, dalam hal ini kelapa sawit, menghadapi berbagai bahaya dan rentan dipengaruhi oleh pasar dunia.

Sawit Watch: Perkebunan Sawit Indonesia Sekitar 21 juta hektar 

Pemerintah mengatakan luasan perkebunan sawit di Indonesia berada di sekitar 14 juta hektar, meski demikian, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Sawit Watch menemukan bahwa langka sebenarnya sudah melebihi 21 juta hektar.

Peran Swasta dalam Membantu Petani Kecil Sawit Mendapatkan Sertifikasi Keberlanjutan

Kebanyakan petani masih menghadapi banyak kesulitan, baik administratif maupun pembiayaan, dalam mendapatkan sertifikasi keberlanjutan.

Perdebatan Definisi Hutan Indonesia

Menurut definisi nasional mengenai hutan dari kementrian Kehutanan, perkebunan monokultur dianggap bagian dari domain hutan nasional sementara perkebunan kelapa sawit, walaupun monokultur, tidak. Sawith tidak dianggap sebagai pohon dalam perbendaharaan istilah pemerintah.

APKASINDO Mencari Solusi Dalam Melindungi Petani Sawit dari Harga yang Rendah.

“Seharusnya dengan harga CPO (minyak Sawit Mentah) berkisar $540, petani bisa mendapatkan harga RP1.300-1.500/kg. Tetapi yang terjadi dilapangan harga ada yang mencapai 600/kg,” ujar Wakil Sekretris Jenderal APKASINDO RIno Afrino.

Berita

Kumpulan Berita

Tentang industri kelapa sawit dari koran-koran Indonesia

Dua hari, ada 35 titik panas di Kalteng

Kompas, 14 Agustus 2018 Setidaknya 35 titik api terdeteksi di Kalimantan Tengah dalam dua hari. Badan Meteorologi, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) prakirawan Roland Binery mengatakan pada hari Senin (13 Agustus) bahwa 35 titik api tersebar di sembilan...

100% DHE sawit dikonversi ke Rupiah

Investor Daily, 14 Agustus 2018 Perusahaan kelapa sawit nasional mengklaim bahwa semua devisa yang dihasilkan dari ekspor (DHE) telah dikonversi ke rupiah. Sekjen Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Togar Sitanggang mengatakan kemarin (13 Agustus) bahwa...

Siaran Pers

The Palm Scribe menghimpun siaran pers dari berbagai pihak di industri kelapa sawit.

ANJ rilis laporan keberlanjutan perdana

Jakarta, 9 Oktober 2017 - PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) untuk kali pertama merilis Laporan Keberlanjutan yang mencakup kinerja keberlanjutan sepanjang 2016 sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas Perusahaan kepada publik. Dalam laporannya, ANJ melaporkan...

PROFIL

Darto: Sudah Saatnya Petani Kelapa Sawit menjadi Subjek

Ketua Umum Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) Indonesia, Mansuetus Darto Wojtyla Alsy Hanu, meyakini bahwa bila benar-benar ingin mendorong petani kecil kelapa sawit di Indonesia untuk bercocok tanam secara berkelanjutan, maka pemerintah perlu memberikan insentif bagi mereka untuk beralih kepada praktik bertanam yang baik.

LIPUTAN KHUSUS

Konservasi anggrek di perkebunan kelapa sawit

Siapa tak kenal anggrek? Anggrek adalah salah satu keluarga besar tanaman yang laris sebagai komoditas di seluruh dunia. Banyak orang membudidayakan dan memperdagangkan tanaman yang bentuk bunganya beraneka rupa itu. Ironisnya, perdagangan membuat tanaman anggrek,...

OPINI

Menatap Masa Depan Lahan Gambut

BOGOR, Indonesia - Dari sekitar 14.9 juta hektar lahan gambut yang tersebar di Indonesia ini hanya sekitar 6.7 juta hektar yang masih tersisa ditutupi oleh hutan dan seorang pakar gambut terkemuka menyarankan bahwa sebaiknya hutan gambut yang tersisa ini...

VIDEO

PERHELATAN

SEMINAR RENEWABLE ENERGY DIRECTIVE II

24 April 2018

Seminar ini akan membahas rencana kebijakan impor kelapa sawit Uni Eropa dan dampak yang dapat ditimbulkan terhadap industri kelapa sawit Indonesia.

 

perhelatan lain

14TH INDONESIA PALM OIL CONFERENCE

31 Oktober – 2 November 2018

Acara tahunan pada industri kelapa sawit yang diselanggarakan oleh GAPKI.

perhelatan lain

THE 10th PALMEX INDONESIA 2018

9 – 11 Oktober 2018

Konferensi ini adalah perhelatan khusus kelapa sawit di Asia yang mengumpulkan perusahaan kelapa sawit dari hulu hingga hilir dan juga industri pendukungnya di Medan, Sumatera Utara, untuk memamerkan kemajuan industri kelapa sawit.

perhelatan lain